Minggu, 29 September 2013

STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR


Di kelas X, kamu sudah mengenal tokoh kimia yang menjelaskan tentang atom, misalnya; Dalton, Thomson, Rutherford, dan Bohr. Sekarang kita akan sedikit mengulas teori atom Bohr sebagai bahan perbandingan ketika kamu mempelajari teori atom mekanika kuantum. Masih ingat bagaimana menentukan konfigurasi elektron suatu unsur golongan utama dan letaknya di tabel sistem periodik berdasarkan kulit KLMN?.  Nah, selain mempelajari teori mekanika kuantum, kamu akan mendapatkan informasi tentang bilangan kuantum serta penerapannya dalam penulisan konfigurasi elektron dan penentuan letak semua unsur dalam tabel periodik dan bukan hanya golongan utama saja.
Pra syarat agar kamu dapat mempelajari materi ini adalah kamu harus memahami partikel-partikel materi seperti atom, molekul dan ion serta menentukan jumlah elektron suatu atom atau ion.
Kompetensi dasar yang diharapkan di dalam materi struktur atom dan sistem periodik adalah kamu dapat menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.
 Agar memudahkan dalam mempelajari materi struktur atom, pelajari dulu peta konsep berikut:


 Struktur atom dan sistem periodik memuat beberapa konsep diantaranya adalah teori mekanika kuantum, bilangan kuantum, konfigurasi elektron, dan sistem periodik unsur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUMPULAN SOAL: LARUTAN DAN INDIKATOR ASAM BASA

  STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 1.         Pengetahuan dan pemahaman Siswa mampu memahami dan menguasai pengetahuan mengenai larutan elektrolit...