Sabtu, 21 Oktober 2023

MULAI DIRI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Modul 2.1 Tahapan mulai dari diri

Pada tahapan ini saya berharap dapat berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana tindakan guru di masa lalu membantu dirinya untuk belajar dengan lebih baik sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Pada tahapan ini, saya didorong untuk melakukan refleksi tentang bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya yang berbeda-beda.

Apa yang telah saya lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Saya menyediakan media pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran. 

Apa yang saya lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid anda? Memberikan kebebasan pada murid untuk dapat mengakses bahan ajar sesuai dengan kebutuhannya baik dilihat dari minat belajar dan kecepatan belajarnya. Pada pembelajaran dengan metode praktikum dan projek, saya membebaskan para murid untuk membuat laporan praktikum atau projek sesuai dengan kemampuan dan minat murid. Laporan praktikum atau projek dapat berupa paper, video, poster, atau bentuk lainnya yang terpenting isi dari laporan itu sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

Apakah ada perlakuan yang berbeda yang saya lakukan pada murid? terkadang sama saja, saya menjelaskan materi di depan kelas untuk seluruh murid di kelas. Dampaknya beberapa murid terlihat bosan dan tertidur karena mungkin penjelasan saya tentang materi kimia sulit untuk dimengerti akhirnya mereka tidak mencapai titik suksesnya. Pada situasi tertentu saya membedakan perlakuan saya pada murid. Saya memberikan kesempatan pada murid yang telah memahami materi kimia untuk mencoba menjelaskan hasil pemahamannya kepada rekan lainnya. Sedangkan yang belum sama sekali mengerti saya langsung membantu menjelaskan kembali materi secara individu.

Tantangan-tantangan yang dihadapi terkait dengan keragaman murid adalah perbedaan minat murid terhadap pembelajaran kimia. Pada umumnya murid kurang berminat pada pelajaran kimia karena dianggap pelajaran yang sulit dan kurang menarik. Murid kurang menyadari kebermanfaatan dari mempelajari konsep kimia. Tindakan yang telah saya lakukan adalah dengan memberikan pembelajaran kimia yang menarik seperti praktikum kimia dan diselingi penilaian berbasis permainan serta memberikan contoh-contoh dan penerapan konsep kimia yang konstektual sehingga murid mengetahui kebermanfaatan konsep kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi dengan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan semua murid untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUMPULAN SOAL: LARUTAN DAN INDIKATOR ASAM BASA

  STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 1.         Pengetahuan dan pemahaman Siswa mampu memahami dan menguasai pengetahuan mengenai larutan elektrolit...