A. Rasional
Kimia adalah kajian teoritis dan praktis mengenai
interaksi, struktur dan sifat berbagai macam bahan, serta perubahannya dan
energi yang menyertai perubahan tersebut. Penyelidikan dan pengertian pada
tingkat atom yang mikroskopis dapat dipelajari dengan lebih mudah melalui
simbol dan visualisasi untuk memahami berbagai fenomena dunia nyata yang
bersifat makroskopis. Pemahaman tentang struktur dan proses kimia digunakan
untuk beradaptasi dan berinovasi guna memenuhi kebutuhan ekonomi, lingkungan,
sosial, dan perkembangan IPTEK di dunia yang terus berkembang. Hal ini termasuk
mengatasi tantangan perubahan iklim global dan keterbatasan energi dengan
merancang proses untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya bumi yang terbatas
secara efisien.
Kimia merupakan pembelajaran yang bersifat praktis.
Peserta didik dilatih untuk melakukan penelitian kualitatif dan kuantitatif
sederhana baik secara individu maupun kolaboratif mengenai berbagai fenomena
kehidupan dunia nyata. Peserta didik belajar membangun pengetahuan melalui
kegiatan menemukan permasalahan, membuat hipotesis, merancang percobaan
sederhana, melakukan percobaan atau penyelidikan, mencatat data hasil
percobaan/penyelidikan, menganalisis data dan menafsirkan data, menarik
kesimpulan dan mengomunikasikan hasil percobaan/penyelidikan baik secara
tertulis maupun lisan. Secara tidak langsung, peserta didik dapat mengembangkan
profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran kimia.
Pada jenjang SMA/MA, kimia diajarkan sebagai mata
pelajaran tersendiri dengan beberapa pertimbangan. Pertama, pelajaran kimia
dapat membangun kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan
komunikatif, serta terbuka terhadap pendapat yang diperlukan untuk memahami dan
memecahkan masalah pada dunia nyata. Kedua, pemahaman kimia membekali peserta
didik dengan pengetahuan sesuai dengan minat dan karir masa depan dalam
berbagai area seperti kedokteran, lingkungan hidup, teknologi terapan, farmasi,
olahraga, serta sains kimia.
B.
Tujuan
Dengan mempelajari ilmu kimia, peserta didik dapat:
- membentuk sikap religius dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa;
- memupuk integritas, sikap jujur, adil, dan bertanggung jawab; menghormati martabat individu, kelompok, komunitas, dan berkebinekaan global;
- mengembangkan keahlian dalam melakukan serangkaian investigasi ilmiah secara mandiri maupun kelompok kolaboratif termasuk mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan dan menjelaskan data kualitatif maupun kuantitatif;
- mengkomunikasikan berbagai hasil investigasi secara lisan dan tertulis secara utuh dan sistematis;
C.
Karakteristik
Kimia mempelajari materi, sifat-sifat materi,
bagaimana dan mengapa zat tergabung atau terpisah untuk membentuk senyawa,
serta energi yang menyertai perubahannya. Kontribusi mata pelajaran Kimia
mencakup bagaimana pengetahuan yang dimiliki dapat mempengaruhi sikap yang
dapat diterapkan untuk menjawab permasalahan-permasalahan dalam kehidupan
sehari-hari baik lokal maupun global.
Pada Fase F kelas XI dan XII, mulai ada mata pelajaran
pilihan sehingga pada fase ini materi kimia dipelajari lebih mendalam melalui
materi perhitungan kimia; sifat, struktur dan interaksi partikel; energi yang
menyertai perubahan kimia, laju reaksi dan kesetimbangan kimia; dan konsep
larutan. Selain itu, fase ini juga mencakup konsep termokimia dan elektrokimia,
serta kimia organik.
Terdapat 2 (dua) elemen dalam mata pelajaran Kimia.
yang mencakup pemahaman kimia dan keterampilan proses. Pemahaman kimia mencakup
semua materi yang dipelajari. Keterampilan proses mencakup keseluruhan proses
ilmiah dari mengamati fenomena sampai dengan mengkomunikasikan hasil
penyelidikan. Dalam melaksanakan pembelajaran, elemen keterampilan proses
adalah cara yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman kimia sehingga kedua
elemen ini disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh yang tidak diturunkan
menjadi tujuan pembelajaran yang terpisah.
Elemen dan deskripsi elemen mata pelajaran Kimia
adalah sebagai berikut:
Elemen |
Deskripsi |
Pemahaman Kimia |
Mencakup pemahaman mengenai perhitungan kimia,
sifat, struktur dan interaksi partikel; laju reaksi dan kesetimbangan kimia;
konsep larutan; termokimia dan elektrokimia; serta kimia organik |
Keterampilan Proses |
Keterampilan inkuiri sains terkait dengan pemahaman
peserta didik tentang konten kimia yang menyediakan struktur dan proses
dimana konten kimia dapat tercakup. Keterampilan tersebut meliputi mengamati;
mempertanyakan dan memprediksi; merencanakan dan melakukan penyelidikan;
memproses, menganalisis data dan informasi; mengevaluasi dan refleksi; serta
mengomunikasikan hasil. Keterampilan proses tidak selalu merupakan urutan
langkah, melainkan suatu siklus yang dinamis yang dapat disesuaikan
berdasarkan perkembangan dan kemampuan peserta didik. |
D.
Capaian
Pembelajaran
Fase
F (Umumnya untuk Kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C)
Pada akhir Fase F, peserta didik memiliki
kemampuan untuk memahami perhitungan kimia, sifat, struktur dan interaksi
partikel dalam membentuk berbagai senyawa termasuk pengolahan dan penerapannya
dalam keseharian; memahami konsep laju reaksi dan kesetimbangan reaksi kimia;
memahami konsep larutan dalam keseharian; memahami konsep termokimia dan
elektrokimia; serta memahami kimia organik termasuk penerapannya dalam
keseharian. Konsep-konsep tersebut memungkinkan peserta didik menerapkan dan
mengembangkan keterampilan inkuiri sains mereka.
Capaian Pembelajaran setiap elemen adalah
sebagai berikut.
Elemen |
Deskripsi |
Pemahaman Kimia |
Peserta didik
memiliki kemampuan memahami konsep mol dan stoikiometri dalam menyelesaikan perhitungan
kimia; ikatan kimia dalam kaitannya dengan interaksi antar partikel materi
dan sifat fisik materi; teori tumbukan antar partikel materi sebagai dasar
konsep laju reaksi; kesetimbangan kimia untuk mengamati perilaku reaktan dan
produk pada level mikroskopik; korelasi antara pH larutan asam, basa, garam
dan larutan penyangga serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari;
termokimia; konsep redoks dan sel elektrokimia sebagai implikasi perubahan
materi dan energi yang menyertai reaksi kimia serta penerapannya dalam
kehidupan sehari hari; serta senyawa karbon, hidrokarbon dan turunannya
beserta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari hari |
Keterampilan
proses |
·
Mengamati Peserta
didik mengamati fenomena ilmiah dan mencatat hasil pengamatannya dengan
memperhatikan detail dari objek yang diamati untuk memunculkan pertanyaan
yang akan diselidiki. ·
Mempertanyakan dan Memprediksi Peserta
didik merumuskan pertanyaan ilmiah tentang hubungan antarvariabel dan hipotesis
yang dapat diselidiki secara ilmiah. ·
Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan Peserta
didik merencanakan dan memilih metode yang sesuai serta mengendalikan
variabel berdasarkan referensi untuk mengumpulkan data yang dapat dipercaya.
Peserta didik memilih dan menggunakan alat dan bahan, termasuk penggunaan
teknologi digital yang sesuai untuk mengumpulkan serta mencatat data secara
sistematis dan akurat. ·
Memproses, Menganalisis Data dan Informasi Peserta
didik menafsirkan informasi yang diperoleh dengan jujur dan bertanggung
jawab. Peserta didik menggunakan berbagai metode untuk menganalisa pola dan
kecenderungan pada data. Peserta didik mendeskripsikan hubungan antarvariabel
serta mengidentifikasi inkonsistensi yang terjadi. Peserta didik menggunakan
data dan rujukan untuk menarik kesimpulan yang konsisten dengan hasil
penyelidikan. ·
Mengevaluasi dan Refleks Peserta
didik mengidentifikasi sumber ketidakpastian dan kemungkinan penjelasan
alternatif dalam rangka mengevaluasi kesimpulan serta menjelaskan cara
spesifik untuk meningkatkan kualitas data. Peserta didik menganalisis
validitas informasi dari sumber primer dan sekunder serta mengevaluasi
pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam penyelidikan. ·
Mengomunikasikan Hasil Peserta
didik mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dan utuh
ditunjang dengan argumen ilmiah dan terbuka terhadap pendapat yang lebih
relevan. |
Sumber: Keputusan Kepala
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 032/H/Kr/2024 Tentang Capaian
Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan
Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Tanggal 11 Juni 2024
Tidak ada komentar:
Posting Komentar