Ilmu kimia dipelajari oleh peserta didik secara tersendiri di fase F yaitu kelas XI dan kelas XII. Pengenalan ilmu kimia, sebenarnya sudah ada pada mata pelajaran IPAS pada fase B. IPAS adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan benda mati di alam semesta beserta interaksinya. IPAS juga mempelajari kehidupan manusia sebagai individu dan sebagai bagian dari masyarakat yang berinteraksi dengan lingkungannya. Capaian pembelajaran IPAS yang terkait dengan kimia di fase B (kelas III dan IV) adalah peserta didik memahami perubahan wujud zat dan perubahannya.
Pada fase D, kimia dipelajari
secara terpadu pada mata pelajaran IPA. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah
aktivitas intelektual yang memberi pengalaman belajar untuk memahami cara kerja
alam semesta dan kontribusi IPA terhadap keberlangsungan kehidupan melalui
pendekatan-pendekatan empiris yang dapat dipertanggungjawabkan. Pada fase D (kelas
VII, VIII, dan IX), capaian pembelajaran yang terkait materi kimia adalah peserta
didik memahami sifat dan karakteristik zat, perubahan fisika dan kimia, serta
pemisahan campuran sederhana. Peserta didik juga memiliki keteguhan dalam
mengambil keputusan yang tepat untuk menghindari zat aditif dan adiktif yang
membahayakan dirinya dan lingkungan..
Pada fase E, kimia dipelajari
secara tersendiri ataupun terpadu. Materi IPA yang diajarkan terpadu pada Fase
E dilaksanakan dengan unit of inquiry, yaitu sebuah projek untuk menyelesaikan
sebuah masalah atau isu lingkungan dari berbagai sudut pandang baik itu fisika,
kimia, dan biologi dalam hal ini adalah tentang perubahan iklim. Capaian
pembelajaran pada fase E (kelas X) yang terkait materi kimia meliputi struktur
atom dan kaitannya dengan sifat unsur dalam tabel periodik; serta memahami
reaksi kimia, hukum-hukum dasar kimia, dan perannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Pada fase F, Mata pelajaran kimia
berdiri sendiri. Ilmu kimia merupakan kajian teoritis dan praktis mengenai
interaksi, struktur dan sifat berbagai macam zat, serta perubahannya dan energi
yang menyertai perubahan tersebut. Capaian pembelajaran kimia pada fase F (kelas
XI dan XII), Peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep mol dan
stoikiometri dalam menyelesaikan perhitungan kimia; ikatan kimia dalam
kaitannya dengan interaksi antar partikel materi dan sifat fisik materi; teori
tumbukan antar partikel materi sebagai dasar konsep laju reaksi; kesetimbangan
kimia untuk mengamati perilaku reaktan dan produk pada level mikroskopik;
korelasi antara pH larutan asam, basa, garam dan larutan penyangga serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; termokimia; konsep redoks dan sel
elektrokimia sebagai implikasi perubahan materi dan energi yang menyertai
reaksi kimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari; serta senyawa
karbon, hidrokarbon dan turunannya beserta pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari hari.
Materi kimia yang dipelajari
meliputi:
MATERI |
KETERANGAN |
1.
Perubahan wujud zat dan perubahannya |
Fase B |
2.
Sifat dan karakteristik zat 3.
Perubahan fisika dan perubahan kimia 4.
Pemisahan campuran sederhana 5.
Zat aditif dan adiktif berbahaya. |
Fase D |
6.
Struktur atom 7.
Sistem periodik unsur 8.
Reaksi Kimia 9.
Hukum-hukum dasar kimia |
Fase E |
10.
Konsep mol dan stoikiometri 11.
Ikatan kimia dan gaya antar molekul 12.
Laju reaksi 13.
Kesetimbangan kimia 14.
Larutan asam dan basa 15.
Hidrolisis garam 16.
Larutan penyangga 17.
Termokimia 18.
Konsep redoks dan sel elektrokimia 19.
Senyawa karbon (hidrokarbon dan turunannya) |
Fase F |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar