Rabu, 08 Maret 2017

KUMPULAN SOAL UN (KIMIA ANALISIS: LARUTAN PENYANGGA)

1.       Sebanyak 0,1 mol larutan asam asetat dicampur dengan 49 gram kalium asetat. pH larutan penyangga yang terbentuk adalah….
(Ka asam asetat = 1 x 10-5, Mr kalium asetat = 98)
A.      2 – log 6
B.      5 – log 5
C.      6 – log 5
D.      6 – log 2
E.       10 + log 6                                           
(UN 2008)
2.       Perhatikan tabel berikut ini:
pH Tabung
I
II
III
IV
V
Perlakuan
Kondisi awal
1,0
1,0
4,6
4,7
3,0
+ air
2,5
2,3
4,7
4,8
4,7
+ sedikit asam
1,0
1,0
2,4
4,6
1,5
+ sedikit basa
8,5
8,1
9,8
5,0
9,6
Tabung yang berisi larutan penyangga adalah….
A.      I
B.      II
C.      III
D.      IV
E.       V                                                           
(UN 2009)
3.       Perhatikan data percobaan berikut:
Larutan
I
II
III
IV
V
pH awal
4
5
7
8
10
Ditambah sedikit asam
2,50
3,90
4,50
7,80
5,00
Ditambah sedikit basa
6,60
6,10
10,00
8,10
12,00
Ditambah sedikit air
5,20
5,90
6,50
7,60
8,50
Dari data tersebut yang termasuk larutan penyangga adalah….
A.      I
B.      II
C.      III
D.      IV
E.       V                                           
(UN 2010)
4.       Data percobaan  pH beberapa larutan:
Lar.
Ph Awal
pH dengan PenambahanSedikit
Basa
Asam
I
5,60
6,00
5,00
II
5,40
5,42
5,38
III
5,20
5,25
5,18
IV
8,20
8,80
7,80
V
9,20
9,60
8,70
Larutan yang mempunyai sifat penyangga adalah ....
A.      I dan II
B.      II dan III
C.      III dan IV
D.      III dan V
E.    IV dan V                                        
  (UN 2011)
5.       Terdapat larutan berikut:
(1)    25 mL CH3COOH 0,1 M
(2)    25 mL NaOH 0,1 M
(3)    25 mL KOH 0,1 M
(4)    25 mL NH4OH 0,3 M
(5)    25 mL HCl 0,2 M
Pasangan yang dapat membentuk larutan penyangga adalah….
A.      (1) dan (2)
B.      (1) dan (3)
C.      (2) dan (4)
D.      (3) dan (4)
E.       (4) dan (5)
(UN 2012)
6.       Terdapat larutan berikut:
(1)   25 mL NH4OH 0,3 M
(2)   25 mL HCN 0,5 M
(3)   25 mL CH3COOH 0,2 M
(4)   25 mL HCl 0,3 M
(5)   25 mL KOH 0,1 M
Pasangan yang dapat membentuk larutan penyangga adalah….
A.      (1) dan (4)
B.      (2) dan (3)
C.      (2) dan (4)
D.      (3) dan (5)
E.       (4) dan (5)
(UN 2012)
7.       Perhatikan data uji pH beberapa larutan!
Larutan
pH awal
pH setelah penambahan
Sedikit asam
Sedikit basa
P
3,0
1,0
4,0
Q
5,0
4,9
5,1
R
8,0
7,9
8,1
S
9,0
8,5
10,5
T
10,0
8,5
11,0
Larutan yang merupakan larutan penyangga adalah….
A.      P dan Q
B.      Q dan R
C.      R dan S
D.      R dan T
E.       S dan T
(UN 2013)
8.       Berikut ini merupakan senyawa/ion yang dapat bersifat sebagai larutan penyangga:
(1)     CH3COOH dan CH3COO-
(2)    NH3 dan NH4+
(3)    HCOOH dan HCOO-
(4)    H2CO3 dan HCO3-
(5)    H2PO4- dan HPO42-
Larutan penyangga yang terdapat dalam cairan luar sel dalam darah adalah….
A.      (1)
B.      (2)
C.      (3)
D.      (4)
E.       (5)
(UN 2014)
9.       Perhatikan senyawa/ion berikut:
(1)    NH4+
(2)    NH3
(3)    CO32-
(4)    HCO3-
(5)    H2CO3
Senyawa/ion yang berfungsi sebagai penyangga pada cairan luar sel adalah ….
A.      (1) dan (2)
B.      (1) dan (3)
C.      (2) dan (3)
D.      (3) dan (4)
E.       (4) dan (5)
(UN 2015)
10.   Berikut ini beberapa jenis ion/senyawa:
(1)    H2CO3
(2)    H2SO4
(3)    H2PO4-
(4)    HCO3-
(5)    HPO42-
Pasangan ion/senyawa yang berguna sebagai penyangga pada ekstra sel adalah….
A.      (1) dan (2)
B.      (1) dan (4)
C.      (2) dan (3)
D.      (2) dan (5)
E.       (3) dan (4)
(UN 2015)
11.   Perhatikan senyawa/ion berikut:
(1)    H2CO3
(2)    HSO4-
(3)    H2PO4-
(4)    HCO3-
(5)    HPO42-
Pasangan senyawa/ion yang berfungsi sebagai penyangga dalam cairan intrasel adalah ….
A.      (1) dan (2)
B.      (1) dan (3)
C.      (1) dan (4)
D.      (2) dan (5)
E.       (3) dan (5)
(UN 2015)
12.   Larutan penyangga berperan dalam menjaga kestabilan pH dalam cairan intrasel, ekstrasel, dan berbagai sistem lainnya. Berikut ini beberapa spesi kimia yang dapat membentuk larutan penyangga:
(1)    H2CO3
(2)    H3PO4
(3)    PO43-
(4)    HCO3-
(5)    H2C2O4
Pasangan spesi kimia yang dapat membentuk larutan penyangga adalah….
A.      (1) dan (2)
B.      (1) dan (2)
C.      (1) dan (2)
D.      (1) dan (2)
E.       (1) dan (2)

(UN 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM KIMIA SMA: MEMBAWA KONSEP ABSTRAK KE DUNIA NYATA

Pembelajaran interaktif telah menjadi tren dalam dunia pendidikan modern. Dalam mata pelajaran kimia, yang seringkali dianggap abstrak dan s...