Kamis, 08 Agustus 2024

MATERI KIMIA DALAM MATA PELAJARAN IPAS, IPA DAN KIMIA

Ilmu kimia dipelajari oleh peserta didik secara tersendiri di fase F yaitu kelas XI dan kelas XII. Pengenalan ilmu kimia, sebenarnya sudah ada pada mata pelajaran IPAS pada fase B. IPAS adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan benda mati di alam semesta beserta interaksinya. IPAS juga mempelajari kehidupan manusia sebagai individu dan sebagai bagian dari masyarakat yang berinteraksi dengan lingkungannya. Capaian pembelajaran IPAS yang terkait dengan kimia di fase B (kelas III dan IV) adalah peserta didik memahami perubahan wujud zat dan perubahannya.

Pada fase D, kimia dipelajari secara terpadu pada mata pelajaran IPA. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah aktivitas intelektual yang memberi pengalaman belajar untuk memahami cara kerja alam semesta dan kontribusi IPA terhadap keberlangsungan kehidupan melalui pendekatan-pendekatan empiris yang dapat dipertanggungjawabkan. Pada fase D (kelas VII, VIII, dan IX), capaian pembelajaran yang terkait materi kimia adalah peserta didik memahami sifat dan karakteristik zat, perubahan fisika dan kimia, serta pemisahan campuran sederhana. Peserta didik juga memiliki keteguhan dalam mengambil keputusan yang tepat untuk menghindari zat aditif dan adiktif yang membahayakan dirinya dan lingkungan..

Pada fase E, kimia dipelajari secara tersendiri ataupun terpadu. Materi IPA yang diajarkan terpadu pada Fase E dilaksanakan dengan unit of inquiry, yaitu sebuah projek untuk menyelesaikan sebuah masalah atau isu lingkungan dari berbagai sudut pandang baik itu fisika, kimia, dan biologi dalam hal ini adalah tentang perubahan iklim. Capaian pembelajaran pada fase E (kelas X) yang terkait materi kimia meliputi struktur atom dan kaitannya dengan sifat unsur dalam tabel periodik; serta memahami reaksi kimia, hukum-hukum dasar kimia, dan perannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada fase F, Mata pelajaran kimia berdiri sendiri. Ilmu kimia merupakan kajian teoritis dan praktis mengenai interaksi, struktur dan sifat berbagai macam zat, serta perubahannya dan energi yang menyertai perubahan tersebut. Capaian pembelajaran kimia pada fase F (kelas XI dan XII), Peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep mol dan stoikiometri dalam menyelesaikan perhitungan kimia; ikatan kimia dalam kaitannya dengan interaksi antar partikel materi dan sifat fisik materi; teori tumbukan antar partikel materi sebagai dasar konsep laju reaksi; kesetimbangan kimia untuk mengamati perilaku reaktan dan produk pada level mikroskopik; korelasi antara pH larutan asam, basa, garam dan larutan penyangga serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; termokimia; konsep redoks dan sel elektrokimia sebagai implikasi perubahan materi dan energi yang menyertai reaksi kimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari; serta senyawa karbon, hidrokarbon dan turunannya beserta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari hari.

Materi kimia yang dipelajari meliputi:

MATERI

KETERANGAN

1.       Perubahan wujud zat dan perubahannya

Fase B

2.       Sifat dan karakteristik zat

3.       Perubahan fisika dan perubahan kimia

4.       Pemisahan campuran sederhana

5.       Zat aditif dan adiktif berbahaya.

Fase D

6.       Struktur atom

7.       Sistem periodik unsur

8.       Reaksi Kimia

9.       Hukum-hukum dasar kimia

Fase E

10.   Konsep mol dan stoikiometri

11.   Ikatan kimia dan gaya antar molekul

12.   Laju reaksi

13.   Kesetimbangan kimia

14.   Larutan asam dan basa

15.   Hidrolisis garam

16.   Larutan penyangga

17.   Termokimia

18.   Konsep redoks dan sel elektrokimia

19.   Senyawa karbon (hidrokarbon dan turunannya)

Fase F

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar