Selasa, 21 Maret 2017

KUMPULAN SOAL UN (KIMIA ANALISIS: KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN)

1.       Jika Ksp Ag2CO3 = 1 x 10-14, maka kelarutan Ag2CO3 dalam AgCl 0,1 M adalah….
A.      5 x 10-13  mol/L
B.      1 x 10-12 mol/L
C.      2 x 10-12 mol/L
D.      5 x 10-9  mol/L
E.       1 x 10-8 mol/L                                   
(UN 2008)
2.       Ke dalam 5 wadah yang berbeda dimasukkan masing-masing 100 mL larutan yang mengandung Ca(NO3)2, Ba(NO3)2, Mg(NO3)2, Fe(NO3)2  dan Pb(NO3)2 0,01 M. Jika ke dalam tiap wadah tersebut ditambahkan 100 mL larutan  NaOH 0,01 M dan nilai Ksp:
Ba(OH)2 = 4. 10-3; Ca(OH)2 = 5.10-6 ; Fe(OH)2 = 5.10-16; Mg(OH)2 = 3.10-12 ; Pb(OH)2 = 3.10-16 Maka pasangan senyawa yang berwujud larutan adalah….
A.      Ba(OH)2  dan  Mg(OH)2
B.      Ca(OH)2 dan Ba(OH)2
C.      Pb(OH)2 dan Fe(OH)2
D.      Mg(OH)2 dan Pb(OH)2
E.       Fe(OH)2 dan Mg(OH)2                                  
(UN 2009)
3.       Sebanyak 50 mL larutan K2CrO4 10-2 M, masing-masing dimasukkan kedalam lima wadah yang berisikan ion Ba 2+, Ca2+, Cu2+, Sr2+ dan  Pb2+ , dengan volume dan konsentrasi yang sama. jika Ksp : BaCrO4  = 1,2 x 10-10
CaCrO4  = 7,1 x 10-4
SrCrO4  = 4 x 10-5
CuCrO4  = 3,6 x 10-6 ; dan
PbCrO4  = 2,8 x 10-13.
Senyawa yang terbentuk dalam wujud larutan adalah….
A.      BaCrO4 dan CaCrO4
B.      CaCrO4 dan  SrCrO4
C.      CaCrO4 dan CuCrO4
D.      SrCrO4 dan CuCrO4
E.       BaCrO4 dan PbCrO4                                       
(UN 2010)
4.        Sebanyak 200 mL larutan AgNO3 0,02 M, masing-masing dimasukkan ke dalam 5 wadah yang berisi 5 jenis larutan yang mengandung S2-, PO42-, CrO42-, Br- dan SO42- dengan volume dan molaritas yang sama.
Jika harga Ksp
Ag2S = 2 x 10-49
Ag3PO4 = 1 x 10-20
Ag2CrO4 = 6 x 10-5
AgBr = 5 x 10-13
Ag2SO4 = 3 x 10-5
       Maka garam yang akan larut adalah ....
A.      Ag2S dan Ag3PO4
B.      Ag2S dan AgBr
C.      Ag2CrO4 dan Ag2SO4
D.      Ag3PO4 dan AgBr
E.       AgBr dan Ag2SO4
        (UN 2011)
5.       Beberapa data Ksp dari senyawa garam berikut:
(1)    AgCN = 1,2 x 10-16
(2)    AgOH = 1,2 x 10-12
(3)    AgIO3 = 1 x 10-12
(4)    AgBr = 5 x 10-13
Urutan kelarutan senyawa tersebut dari yang besar ke kecil adalah….
A.      (1), (4), (3) dan (2)
B.      (2), (3), (4) dan (1)
C.      (3), (4), (2) dan (1)
D.      (3), (2), (1) dan (4)
E.       (4), (2), (1) dan (3)
(UN 2012)
6.       Sebanyak 100 mL larutan MgCl2 0,4 M ditambahkan ke dalam 100 mL larutan Na2CO3 0,4 M. Besarnya massa zat yang mengendap jika diketahui Ksp MgCO3 = 3 x 10-8 dan Ar Mg = 24, C = 12, O = 16 adalah….
A.      1,68 gram
B.      3,36 gram
C.      6,72 gram
D.      8,40 gram
E.       84,00 gram
(UN 2013)
7.       100 mL NaOH 0,008 M + 100 mL CH3COOH 0,008 M ke dalam larutan garam uji terbentuk ditetesi larutan encer FeCl2 dan dihentikan pada saat larutan tepat jenuh tepat akan mengendap Fe(OH)2. Kalau Ksp = 6 x 10-16, Kw = 10-14, Ka = 10-5, maka teapat jenuh [Fe2+] = ….
A.      1 x 10-4 M
B.      1,5 x 10-4 M
C.      2 x 10-4 M
D.      2,5 x 10-4 M
E.       3 x 10-4 M
(UN 2014)
8.       Sebanyak 100 mL CaCl2 0,6 M dicampur dengan 100 mL Na2CO3 0,6 M. Jika Ksp CaCO3 = 2,8 x 10-9, massa zat yang mengendap sebesar…. (Ar Ca = 40, C = 12, O = 16, Na = 23, Cl = 35,5)
A.      6 gram
B.      9 gram
C.      60 gram
D.      100 gram
E.       120 gram
(UN 2015)
9.       Larutan CaCl2 0,1 M sebanyak 50 mL ditambahkan dalam 50 mL larutan Na2CO3 0,1 M. Massa endapan CaCO3 yang terjadi adalah….
(Ar Ca = 40; C = 12; O = 16; Ksp CaCO3 = 1 x 10-10)
A.      0,25 gram
B.      0,50 gram
C.      0,75 gram
D.      1,00 gram
E.       1,50 gram

(UN 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM KIMIA SMA: MEMBAWA KONSEP ABSTRAK KE DUNIA NYATA

Pembelajaran interaktif telah menjadi tren dalam dunia pendidikan modern. Dalam mata pelajaran kimia, yang seringkali dianggap abstrak dan s...