#SERI GURU BELAJAR
BIMTEK SERI PANDUAN PEMBELAJARAN
TAHUN AJARAN 2021 UNTUK GURU
Pada kesempatan kali ini saya
akan berbagi tentang pengalaman saya dalam mengikuti “Bimtek Seri Panduan Pembelajaran
Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru”. Saya mengikuti Bimtek ini pada angkatan 4
yang dilaksanakan hari Kamis tanggal 22 – 26 Juli 2021. Bimtek ini
diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Guru Belajar Seri Panduan Pembelajaran
Tahun Ajaran 2021/2022 terdiri atas 2 tahap yaitu: Bimtek dan Pengimbasan. Pada
program pelatihan ini diharapkan dapat:
1. Membantu guru dan kepala satuan pendidikan dalam
mendapatkan pemahaman yang utuh terhadap Panduan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di
Tahun Ajaran 2021/2022.
2. Membantu guru memahami pengelolaan pembelajaran
pada masa pandemi COVID-19 di tahun ajaran 2021/2022
3. Membantu guru menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran beserta jadwal belajar pada tahun ajaran 2021/2022
Sebelum memahami
konsep Panduan Pembelajaran tahun ajaran 2021/2022 secara menyeluruh, saya
diberikan gambaran tentang latar belakang diselenggarakannya bimtek ini.
Praktik
pembelajaran pada tahun ajaran ini berubah dari pembelajaran tatap muka menjadi
pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid-19. Kondisi seperti ini membuat
sejumlah murid mengalami kehilangan kesempatan belajar (learning loss). Pengalaman-pengalaman tentang dampak pandemi covid-19
terhadap pendidikan tergambar dalam tayangan video berikut ini:
Dampak pandemi covid-19 terhadap pendidikan
Hal inilah yang
mendasari pemerintah merekomendasikan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka
terbatas di setiap daerah yang telah dinyatakan sebagai zona aman covid-19. Penyelenggaraan
pembelajaran tatap muka terbatas bertujuan untuk mengatasi potensi learning loss yang terus berkembang. Pelaksanaan
pembelajaran ini jauh berbeda dengan pembelajaran saat kondisi normal. Banyak
hal yang perlu disesuaikan terkait tantangan dan kompleksitas yang dihadapi
guru dan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran tatap muka
terbatas pada masa pandemi covid-19 sehingga Bimtek ini diharapkan dapat memberi
bekal bagi guru dan kepala satuan pendidikan agar lebih siap dalam merencanakan
dan menyelenggarakan pembelajaran di tahun ajaran 2021/2022 pada masa pandemi
covid-19.
Materi yang
diperoleh dalam Bimtek ini dibagi atas beberapa topik:
1. Konsep Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022. Berisi materi tentang landasan hukum, tujuan, manfaat, ruang lingkup, dan ukuran keberhasilan pembelajaran tahun ajaran 2021/2022.
2. Kerangka Dasar Pembelajaran Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022. Berisi materi tentang ketentuan pokok penyelenggaraan pembelajaran, rancang terap protokol kesehatan, tugas dan tanggung jawab guru dalam tim PTM terbatas, memahami proses pengembangan RKAS di tahun ajaran 2021/2022.
3. Prinsip dan Strategi Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022. Berisi materi tentang konsep pengelolaan pembelajaran, prinsip-prinsip pembelajaran, pilihan strategi pembelajaran, memahami alur pembelajaran tahun ajaran 2021/2022.
Prinsip dan Strategi Pembelajaran
4. Rancangan Pembelajaran Kelas/Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 Untuk Guru. Berisi materi tentang penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), penyusunan jadwal pembelajaran kelas/mata pelajaran.
5. Penjaminan Mutu Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 Untuk Guru. Berisi materi pemantauan pembelajaran, kriteria keberhasilan, instrument pemantauan pembelajaran, tindak lanjut pengembangan pembelajaran tahun ajaran 2021/2022 untuk guru.
Setelah mempelajari materi
tersebut, saya merefleksikan diri, apa yang dapat saya lakukan berkaitan dengan
pembelajaran di tahun ajaran 2021/2022 untuk mencapai tujuan pembelajaran di
masa pandemi covid-19 ini.
Saya sadar bahwa….
Pembelajaran yang saya terapkan
di sekolah belum menyentuh sepenuhnya pada diri semua murid untuk menjadikan
mereka para pembelajar.
Saya pikir bahwa….
Saya harus menerapkan pembelajaran
yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan sesuai dengan kebutuhan para murid.
Orientasinya bukan lagi penyelesaian materi tetapi menumbuhkan kembali semangat
belajar pada diri murid yang hampir hilang selama pembelajaran jarak jauh
akibat pandemi covid-19.
Bagaimana dengan bapak ibu guru
semua, apa yang sudah dilakukan sejauh ini untuk pendidikan bangsa Indonesia?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar