Selasa, 26 Oktober 2021

PANDUAN PEMBELAJARAN TAHUN AJARAN 2021 UNTUK GURU

 #SERI GURU BELAJAR

BIMTEK SERI PANDUAN PEMBELAJARAN TAHUN AJARAN 2021 UNTUK GURU

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman saya dalam mengikuti “Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru”. Saya mengikuti Bimtek ini pada angkatan 4 yang dilaksanakan hari Kamis tanggal 22 – 26 Juli 2021. Bimtek ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Guru Belajar Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 terdiri atas 2 tahap yaitu: Bimtek dan Pengimbasan. Pada program pelatihan ini diharapkan dapat:

1.     Membantu guru dan kepala satuan pendidikan dalam mendapatkan pemahaman yang utuh terhadap Panduan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Tahun Ajaran 2021/2022.

2.  Membantu guru memahami pengelolaan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 di tahun ajaran 2021/2022

3.   Membantu guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran beserta jadwal belajar pada tahun ajaran 2021/2022

Sebelum memahami konsep Panduan Pembelajaran tahun ajaran 2021/2022 secara menyeluruh, saya diberikan gambaran tentang latar belakang diselenggarakannya bimtek ini.

Praktik pembelajaran pada tahun ajaran ini berubah dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid-19. Kondisi seperti ini membuat sejumlah murid mengalami kehilangan kesempatan belajar (learning loss). Pengalaman-pengalaman tentang dampak pandemi covid-19 terhadap pendidikan tergambar dalam tayangan video berikut ini:

Dampak pandemi covid-19 terhadap pendidikan

Hal inilah yang mendasari pemerintah merekomendasikan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas di setiap daerah yang telah dinyatakan sebagai zona aman covid-19. Penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas bertujuan untuk mengatasi potensi learning loss yang terus berkembang. Pelaksanaan pembelajaran ini jauh berbeda dengan pembelajaran saat kondisi normal. Banyak hal yang perlu disesuaikan terkait tantangan dan kompleksitas yang dihadapi guru dan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19 sehingga Bimtek ini diharapkan dapat memberi bekal bagi guru dan kepala satuan pendidikan agar lebih siap dalam merencanakan dan menyelenggarakan pembelajaran di tahun ajaran 2021/2022 pada masa pandemi covid-19.

Materi yang diperoleh dalam Bimtek ini dibagi atas beberapa topik:

1.  Konsep Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022. Berisi materi tentang landasan hukum, tujuan, manfaat,  ruang lingkup, dan ukuran keberhasilan pembelajaran tahun ajaran 2021/2022.

      Konsep Pembelajaran

2. Kerangka Dasar Pembelajaran Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022. Berisi materi tentang ketentuan pokok penyelenggaraan pembelajaran, rancang terap protokol kesehatan, tugas dan tanggung jawab guru dalam tim PTM terbatas, memahami proses pengembangan RKAS di tahun ajaran 2021/2022.

      Kerangka Dasar Pembelajaran

3. Prinsip dan Strategi Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022. Berisi materi tentang konsep pengelolaan pembelajaran, prinsip-prinsip pembelajaran, pilihan strategi pembelajaran, memahami alur pembelajaran tahun ajaran 2021/2022.

      Prinsip dan Strategi Pembelajaran

4.    Rancangan Pembelajaran Kelas/Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 Untuk Guru. Berisi materi tentang penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), penyusunan jadwal pembelajaran kelas/mata pelajaran.

      Rancangan Pembelajaran

5.   Penjaminan Mutu Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 Untuk Guru. Berisi materi pemantauan pembelajaran, kriteria keberhasilan, instrument pemantauan pembelajaran, tindak lanjut pengembangan pembelajaran tahun ajaran 2021/2022 untuk guru.

      Penjaminan Mutu Pembelajaran

Penguatan

Setelah mempelajari materi tersebut, saya merefleksikan diri, apa yang dapat saya lakukan berkaitan dengan pembelajaran di tahun ajaran 2021/2022 untuk mencapai tujuan pembelajaran di masa pandemi covid-19 ini.

Saya sadar bahwa….

Pembelajaran yang saya terapkan di sekolah belum menyentuh sepenuhnya pada diri semua murid untuk menjadikan mereka para pembelajar.

Saya pikir bahwa….

Saya harus menerapkan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan sesuai dengan kebutuhan para murid. Orientasinya bukan lagi penyelesaian materi tetapi menumbuhkan kembali semangat belajar pada diri murid yang hampir hilang selama pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid-19.

Bagaimana dengan bapak ibu guru semua, apa yang sudah dilakukan sejauh ini untuk pendidikan bangsa Indonesia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM KIMIA SMA: MEMBAWA KONSEP ABSTRAK KE DUNIA NYATA

Pembelajaran interaktif telah menjadi tren dalam dunia pendidikan modern. Dalam mata pelajaran kimia, yang seringkali dianggap abstrak dan s...