Apakah Anda mengetahui apa itu akun pembelajaran?
Akun pembelajaran merupakan nama akun (user ID) yang bertanda
belajar.id dan kata sandi (password) yang bertujuan untuk mendukung proses
pembelajaran di Satuan Pendidikan melalui penerapan teknologi dan meningkatkan
keterhubungan antara layanan pembelajaran. Akun pembelajaran dapat digunakan
untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran. Aplikasi pembelajaran dapat
berasal dari platform Kemdikbudristek atau platform di luar Kemdikbudristek yang
mendukung kegiatan pembelajaran.
Apa manfaat dari akun pembelajaran?
Manfaat dari akun pembelajaran diantaranya adalah:
1.
Memudahkan dalam melaksanakan
kegiatan pembelajaran,
2.
Dapat digunakan untuk mengakses
berbagai platform dari Kemendikbudristek,
3.
Dapat menyimpan dokumen secara
daring dengan ruang penyimpanan lebih aman tanpa batas
4.
Dapat mengakses dan memanfaatkan
Chromebook Sebagai jalur informasi resmi dari Kemendikbudristek
Siapa
saja yang dapat memiliki akun pembelajaran?
Akun pembelajaran diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan
tenaga kependidikan dari berbagai tingkatan satuan pendidikan mulai dari PAUD,
SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan kesetaraan serta Dinas Pendidikan. Akun
Pembelajaran dapat digunakan selama status kita masih tercatat di Data Pokok
Pendidikan (Dapodik). Akun akan dihapus jika kita sudah tidak berstatus sebagai
Pendidik atau Peserta Didik
Bagaimana cara memeriksa ketersediaan akun pembelajaran?
Anda dapat memeriksa ketersediaan akun pembelajaran Anda dengan
beberapa langkah berikut ini:
1.
Buka laman https://belajar.id/
2.
Pilih tipe pengguna
3. Setelah memilih tipe pengguna, klik “cari akun pembelajaran”
4.
Masukkan NPSN sekolah
Anda
Bagaimana jika Anda lupa?
- Silahkan klik “lupa NPSN”
- Masukkan Nama Sekolah Anda
- Klik “Cari NPSN Sekolah”
- Setelah tertera datanya silahkan klik “Pilih NPSN”
- Klik “selanjutnya”.
5. Masukkan nama lengkap dan tanggal lahir sesuai dengan data di dapodik, klik “selanjutnya”.
a.
Status sudah aktif
Jika status akun Anda sudah aktif, maka Anda dapat menggunakan akun pembelajaran untuk mengakses platform yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran
b. Status belum aktif
Jika status akun pembelajaran belum aktif maka
klik “aktifkan akun”
Pilih bagaimana Anda ingin menerima akun
pembelajaran.
·
Kirim ke alamat email
pribadi
·
Kirim ke nomor handphone
pribadi
Misalkan Anda memilih kirim ke alamat email pribadi maka isikan email pribadi Anda pada kotak yang tersedia, kemudian klik “kirim detail akun”
Misalkan Anda memilih kirim ke nomor handphone pribadi maka akan tertera nomor Anda sesuai dengan yang ada di dapodik, jika ingin menggantikan maka Anda harus menghubungi Admin dapodik
Maka anda akan mendapatkan akun pembelajaran Anda melalui email, silahkan cek email pribadi Anda/SMS di nomor telpon secara berkala
Setelah Anda mendapatkan akun pembelajaran Anda silahkan untuk melakukan “aktivasi akun pembelajaran”.
c.
Akun Pembelajaran belum
ditemukan
Jika akun pembelajaran Anda belum ditemukan atau
akunnya terhapus, maka mekanisme pengajuan (pembuatan) akun dapat melalui laman
belajar.id ataupun melalui tombol Butuh Bantuan baik secara mandiri atau
Dalam waktu dekat akan dibuatkan media informasi kepada pengguna terkait tata cara mengajukan pembuatan Akun pembelajaran (belajar.id).
Apakah
Anda sudah mempunyai akun pembelajaran? Jika belum ayo segera mendapatkan akun
tersebut dan nikmati fasilitasnya untuk mendukung proses kegiatan pembelajaran.
Setelah mendapatkan akun
pembelajaran, Anda dapat mengaktifkan dengan langkah-langkah berikut ini:
1. Buka
halaman https://mail.google.com
2. Masuk atau login menggunakan nama akun (User.ID) dan kata sandi (password) anda.
3. Setujui
syarat dan ketentuan pengguna akun pembelajaran (akun belajar.id)
4. Lakukan
pergantian kata sandi (password) akun pembelajaran.
5. Simpan
sandi anda jangan sampai terlupakan
Untuk lebih memahami cara
aktivasi silahkan klik tautan berikut ini:
https://bit.ly/panduanaktivasiakunbelajarid
Perlu Anda ketahui, Akun pembelajaran hanya dapat diaktivasi
secara mandiri oleh pemilik akun. Apabila Anda merasa tidak pernah mengaktifkan
akun namun status akun telah aktif, silahkan menghubungi Admin sekolah atau helpdesk dengan klik tombol
butuh bantuan di bagian kanan bawah layar Anda untuk melakukan reset kata sandi
(password).
Bagaimana jika Anda sudah
mengaktifkan tapi lupa sandi?
Apabila Anda sebagai pendidik
atau peserta didik tidak mengingat kata sandi (password), silahkan menghubungi
Admin Sekolah untuk mengajukan reset password. Reset password hanya dapat
dilakukan pada kondisi berikut ini:
1. sesaat
setelah aktivasi
2. setelah
Anda menjadi pengguna aktif
3. Apabila
Anda lupa kata sandi (password)
Selain itu, Anda dapat menghubungi helpdesk dengan klik tombol butuh bantuan di bagian kanan bawah layar Anda.
Bagaimana mudah bukan? apakah Anda masih ragu untuk mengaktifkan akun pembelajaran Anda? jangan sampai Anda merugi karena Anda melewatkan kesempatan berharga menjelajah dunia bersama akun pembelajaran (belajar.id)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar