Jumat, 01 September 2023

AKSI NYATA PENERAPAN PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DI KELAS DAN DI SEKOLAH

Modul 1.1 Tahapan aksi nyata

Pada tahapan ini, saya berharap dapat mendokumentasikan konstribusi nyata penerapan pemikiran Ki Hadjar Dewantara di kelas dan di sekolah sebagai pusat pengembangan karakter.

Selama mengikuti pendidikan guru penggerak modul 1.1 saya merasa termotivasi untuk selalu membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Perasaan saya menjadi senang dan bersemangat saat murid di kelas lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Saya mencoba membiasakan diri untuk menuntun murid melakukan refleksi setiap menyelesaikan pembelajaran. Saya juga mencoba melakukan refleksi untuk menemukan ide atau gagasan baru baik berupa metode maupun media untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Sebelumnya saya tidak pernah melakukan ice breaking namun setelah mengikuti PGP, ice breaking menjadi andalan saya saat murid mulai berkurang konsentrasinya. Perubahan yang saya lakukan belum menyeluruh. Perlahan tapi pasti saya akan terus mencoba menciptakan pembelajaran yang bermakna. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM KIMIA SMA: MEMBAWA KONSEP ABSTRAK KE DUNIA NYATA

Pembelajaran interaktif telah menjadi tren dalam dunia pendidikan modern. Dalam mata pelajaran kimia, yang seringkali dianggap abstrak dan s...