Senin, 04 September 2023

MULAI DARI DIRI UNTUK NILAI DIRI

 

Modul 1.2  Tahapan mulai dari diri

Pada tahapan ini saya berharap dapat mengidentifikasi nilai-nilai diri sendiri dan peran guru penggerak  yang selama ini sudah saya miliki. Hal yang saya lakukan adalah dengan membuat trapesium usia, merefleksikan peristiwa positif atau negatif yang terjadi pada rentang usia tersebut dan menemukan nilai-nilai dan peran guru penggerak yang ternyata sudah saya miliki sebelum mengikuti kegiatan pendidikan guru penggerak. Hasil dari kegiatan mulai diri adalah sebagai berikut ini:

Trapesium Usia









Refleksi

Sekitar 32 tahun yang lalu, saya merupakan pelajar SMP kelas 7 berusia 12 Tahun. Saya kehilangan sosok guru yang memberikan motivasi untuk terus belajar dan menjadi yang terbaik. Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang baru dikenalkan saat masuk sekolah menengah pertama. Awalnya saya merasa kesulitan namun saya merasa sedikit terbantu dengan bekal buku paket yang saya terima dari hadiah prestasi NEM terbesar di Sekolah Dasar. Guru Bahasa Inggris mengubah kesulitan itu menjadi kebahagiaan, saya sangat menanti hari belajar bersamanya. Masih terkenang dalam ingatan ketika penilaian akhir semester, beliau khusus datang ke ruang ujian hanya untuk menanyakan apakah saya mengalami kesulitan, rasanya sangat istimewa tapi saat itu pula saya merasa patah hati karena beliau harus mutasi ke sekolah lain. Saya sangat kehilangan, sedih dan semakin frustasi apalagi guru pengganti jauh dari harapan yang saya miliki. Akibat peristiwa itu, Bahasa Inggris bukan lagi mata pelajaran favorit namun sampai detik ini menjadi mata pelajaran yang selalu ingin saya hindari. Rasa penyesalan juga hadir seiring waktu berjalan karena ternyata mata pelajaran Bahasa Inggris sangat penting dan selalu ada disetiap jenjang pendidikan, pada akhirnya saya juga mengalami kesulitan setiap mengikuti seleksi untuk memperoleh beasiswa.

Pada saat saya memasuki sekolah menengah atas di kelas 10 pada usia 15 tahun, saya mengenal mata pelajaran kimia secara khusus pertama kali. Awalnya biasa saja seperti halnya mata pelajaran yang lainnya namun, saat mempelajari materi hidrokarbon saya mulai merasa tertarik bahkan sebelum guru menjelaskan dalam kelas, saya telah mempelajarinya terlebih dahulu. Saat pembelajaran di kelas saya merasa percaya diri apalagi saya mampu menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan baik. Selain itu saya mempunyai teman yang mempunyai ketertarikan yang sama terhadap mata pelajaran kimia, kami selalu mengerjakan tugas bersama dan saling memotivasi satu dengan yang lainnya. Rasa tertarik itu terus berkembang hingga saya bercita-cita menjadi guru kimia. Saat menjadi guru kimia saya mencoba membuat murid-murid saya tertarik dengan kimia dan alhamdulillah beberapa murid telah menjadi rekan kerja sebagai guru kimia.

Berdasarkan kedua peristiwa tersebut, peran guru sangatlah penting sebagai penuntun murid untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatannya. Saat murid mengalami rasa frustasi, rasa bersalah, rasa malu yang diakibatkan oleh guru, teman, dan lingkungan belajarnya akan berdampak panjang selama hidupnya demikian pula sebaliknya, motivasi, kepercayaan, perhatian dari guru, teman dan lingkungan belajar akan membawanya mencapai kebahagiaan dan keselamatannya.

Jadi jelaslah bahwa:

“Peranan guru sangat penting untuk menjadikan proses belajar murid menjadi lebih bermakna”

Nilai dan peran guru penggerak

Nilai-nilai dalam diri saya yang membantu menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya adalah:

  • -          motivasi untuk terus mengembangkan diri
  • -          kolaborasi dengan semua orang
  • -          kreatif dalam berbagai situasi
  • -          Perhatian

Peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya adalah memberikan contoh dan mengajak murid, rekan guru, dan komunitas sekolah untuk terus melakukan pengembangan diri.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM KIMIA SMA: MEMBAWA KONSEP ABSTRAK KE DUNIA NYATA

Pembelajaran interaktif telah menjadi tren dalam dunia pendidikan modern. Dalam mata pelajaran kimia, yang seringkali dianggap abstrak dan s...