Sabtu, 16 September 2023

MULAI DIRI MERUMUSKAN VISI PRIBADI

Modul 1.3 Tahapan mulai dari diri

Pada tahapan ini saya berharap dapat merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan profil pelajar pancasila.

Visi berupa rangkaian kata yang ringkas dan jelas berfungsi untuk menentukan langkah ke depan, menginspirasi, memotivasi pencapaian suatu tujuan. Visi memuat imajinasi yang bermakna diwujudkan melalui kolaborasi-aksi agar visi tidak berakhir sebagai halusinasi.

Pada kesempatan ini, untuk membantu memaknai bagaimana pentingnya visi tentang murid maka saya menggambarkan imaji tentang murid di masa depan.


Pada gambar tersebut, saya berharap mewujudkan murid yang tangguh, mandiri, dan bertanggungjawab disimbolkan dengan tangan yang menggenggam. Gelang berbeda warna menunjukkan lingkungan pembelajaran yang berbeda yang mendukung murid mencapai keselamatan dan kebahagiaannya sesuai dengan kodrat alam dan zamannya. Perbedaan cara menggenggam melambangkan perbedaan cara atau usaha murid sebagai generasi muda untuk memajukan Indonesia sesuai dengan kapasitas kekuatannya. Bendera Indonesia berkibar melambangkan satu tujuan yang sama yaitu kemajuan dan kesejahteraan Indonesia.

Inti harapan saya bahwa setiap orang merasa sebagai bagian dari bangsa Indonesia sehingga harus mandiri, tangguh dan bertanggungjawab melakukan yang terbaik dan berkolaborasi menyatukan kekuatannya untuk kemajuan bangsa Indonesia sesuai kapasitasnya masing-masing. Untuk memperjelas gambaran tentang harapan tersebut, saya mencoba merefleksikan apa yang sebetulnya telah dan perlu saya yakini sebelum melangkah melalui beberapa pertanyaan berikut ini:


Harapan tersebut akan terwujud jika saya dapat meningkatkan kualitas diri sebagai guru dan menguatkan kolaborasi semua sistem di sekolah sehingga senantiasa terjadi perubahan berkesinambungan agar harapan menjadi kenyataan. Harapan tersebut menjadi suatu visi yaitu:

" Mewujudkan generasi yang mandiri, tangguh, bertanggung jawab untuk kemajuan Indonesia sesuai dengan kodrat alam dan zamannya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM KIMIA SMA: MEMBAWA KONSEP ABSTRAK KE DUNIA NYATA

Pembelajaran interaktif telah menjadi tren dalam dunia pendidikan modern. Dalam mata pelajaran kimia, yang seringkali dianggap abstrak dan s...