Selasa, 01 April 2014

PENYUSUNAN KURIKULUM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN


Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah MANAJEMEN DIKLAT
Dosen : Dr. A. Romli, M.Pd
Penyusun : Dian Mila Kusuma dan Mimi Hamidah
Prodi : Teknologi Pembelajaran Pasca Sarjana UNTIRTA

Kurikulum merupakan acuan atau pedoman dalam pelaksanaan suatu proses pembelajaran. Terdapat beberapa teori tentang kurikulum. Kurikulum ialah suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancang secara sistematik yang berisi berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar baik yang berasal dari waktu yang lalu,sekarang maupun yang akan datang. atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapi tujuan pendidikan.
 Menurut Robert Gagne (1967) dalam Khaerudin (2005), kurikulum adalah suatu rangkaian unit materi belajar yang disusun sedemikian rupa sehingga peserta diklat dapat mempelajarinya berdasarkan kemampuan yang dimiliki atau dikuasai sebelumnya. Khaerudin (2005), mengartikan bahwa kurikulum sebagai pengalaman dan kegiatan belajar yang direncanakan dan diorganisir oleh lembaga diklat dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh suatu lembaga. Dari kedua pengertian tersebut tidak ada yang bertentangan, tetapi justru saling melengkapi. Hanya saja  pada pengertian pertama kurikulum dimaknai dalam arti sempit. Sedangkan pengertian kedua, kurikulum dimaknai dalam arti luas, karena kegiatannya tidak hanya kegiatan belajar tetapi juga menyangkut pengalaman yang dialami selama di lembaga diklat. Dalam dimensinya sebagai kurikulum diklat, maka dapat disimpulkan bahwa kurikulum merupakan suatu rencana program pendidikan dan pelatihan yang berisikan materi diklat, metode, yang dijadikan pedoman dalam pelaksanaan sutu pendidikan dan pelatihan serta untuk mencapai tujuan diklat tersebut.
Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dapat diartikan sebagai akusisi dari pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skills), dan sikap (attitudes) yang memampukan manusia untuk mencapai tujuan individual dan organisasi saat ini dan di masa depan (Bambrough 1998). Dalam terminologi lain, diklat dipisahkan secara tegas, yakni Pendidikan dan Pelatihan. Menurut Nasution (2000), Pendidikan adalah suatu proses, teknis dan metode belajar mengajar dengan maksud mentransfer suatu pengetahuan dari seseorang kepada orang lain sesuai dengan standard yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan menurut Pont (1991) Pelatihan adalah mengembangkan orang-orang sebagai individu dan mendorong mereka menjadi lebih percaya diri dan berkemampuan dalam hidup dan pekerjaannya. Pendidikan dan Pelatihan adalah suatu proses yang sistematik untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan kecakapan serta perilaku yang berguna untuk mencari kecocokan antara kemampuan dan permintaan kebutuhan organisasi dalam upaya mencapai tujuan.
Menurut Rivai (2005) pelatihan sebagai bagian dari pendidikan yang menyangkut proses belajar untuk memperoleh dan meningkatkan ketrampilan di luar sistem pendidikan yang berlaku dalam waktu yang relatif singkat dengan metode yang lebih mengutamakan pada praktek dari pada teori, sementara ketrampilan adalah meliputi pengertian physical skill, social skill, managerial skill dan lain-lain. Lebih lanjut disebutkan bahwa pengertian pelatihan adalah proses secara sistimatis mengubah tingkah laku pegawai untuk mencapai tujuan organisasi, pelatihan berkaitan dengan keahlian dan kemampuan pegawai untuk melaksanakan pekerjaan saat ini dan membantu pegawai untuk mencapai keahlian dan kemampuan tertentu agar lebih berhasil dalam melaksanakan pekerjaannya.

Komponen-komponen Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan
Kurikulum sebagai sebuah sistem, memiliki komponen-komponen yang saling berkaitan antara komponen yang satu dengan komponen lainnya. Menurut H.H. Giles et al, dalam Khaerudin (2005), komponen kurikulum meliputi : Tujuan, materi/isi/bahan, metode dan organisasi, serta evaluasi.
 Komponen tujuan merupakan komponen yang pertama dan utama dalam pengembangan kurikulum, karena ia akan menjadi acuan bagi komponen kurikulum lainnya, sehingga ia akan dijadikan fokus dan mewarnai komponen bahan, metode dan evaluasi. Sedangkan secara spesifik menurut Khaerudin (2005), yang dimaksud dengan bahan kurikulum adalah segala sesuatu yang diberikan kepada peserta diklat dalam kegiatan belajar mengajar.
 Isi dari kegiatan tersebut adalah isi dari kurikulum. Isi atau bahan tersebut tersusun berbagai program pendidikan berdasarkan jenis dan program diklat, kemudian dikemas dalam berbagai bidang diklat yang kemudian dijabarkan dalam pokok dan sub pokok bahasan, yang secara lebih rinci disusun dalam bentuk bahan pengajaran dalam berbagai bentuknya.
 Komponen metode dan organisasi, secara spesifik berkaitan dengan strategi pembelajaran. Dalam konteks ini komponen metode dan organisasi dalam sistem kurikulum adalah membahas , siapa melakukan apa, dengan cara apa, menggunakan apa, bagaimana dan kapan melakukannya.
Komponen evaluasi sebagai subsistem dari sistem kurikulum, memiliki fungsi sebagai alat kontrol untuk melihat apakah tujuan kurikulum telah dikuasai peserta diklat. Oleh karena itu komponen evaluasi harus mengacu pada kemampuan-kemampuan yang dirumuskan dalam tujuan. Hasil dari evaluasi dapat dijadikan umpan balik bagi komponen-komponen lainnya, seperti materi, metode, bahkan evaluasi itu sendiri. Tahapan dalam pengembangan kurikulum menurut Khaerudin (2005), meliputi : Analisis kebutuhan/analisis tugas, perumusan tujuan, pemilihan dan pengembangan materi/bahan ajar, pemilihan dan pengorganisasian pengalaman belajar/strategi dan pengembangan alat evaluasi.
Dalam pedoman penyusunan  kurikulum diklat yang disusun oleh Kementerian Kesehatan RI, disebutkan beberapa komponen kurikulum, antara lain:
• Latar belakang. Pada bagian ini dijelaskan tentang alasan atau lataar belakang perlunya diadakan diklat.
• Filosofi. Filosofi merupakan bagian dimana kurikulum memperhatikan  hak-hak peserta.
• Kompetensi. Bagian kompetensi adalah bagian dimana dijelaskan kompetensi-kompetensi yang akan disampaikan dalam diklat tersebut
• Tujuan. Tujuan diklat adalah tujuan kompetensi diklat yang ingin dicapai oleh peserta setelah menjalani diklat.
• Jumlah dan kriteria peserta. Pada bagian ini ditetapkan jumlah peserta yang akn mengikuti diklat dan kriteria peserta peserta diklat. Misalnya diklat ini dirancang untuk 30 peserta dengan peserta dari guru mata pelajaran bahasa Inggris SMA.
• Struktur program yang berisikan materi dan alokasi waktu. Dalam komponen ini dijelaskan secara rinci tentang materi yang akan disampaikan pada peserta diklat, atau seringkali disebut mata diklat beserta alokasi waktunya.
• Diagram alir pembelajaran mulai dari pembukaan sampai dengan penutupan.
• Garis-garis Besar Program Pembelajaran (GBPP) yang terdiri dari materi pembelajaran, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, pokok bahasan dan sub pokok bahasan, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan alat bantu serta referensi.
• Evaluasi. Evaluasi dilaksanakan untuk mengukur keberhasilan dan pencapaian tujuan pelatihan yang telah ditetapkan.
• Sertifikasi. Sertifikasi adalah komponen kurikulum diklat  yang menjelaskan persyaratan bagi peserta untuk memperoleh sertifikat.

Alat ukur yang paling mudah untuk mengukur keberhasilan suatu diklat adalah ketika tujuan diklat tercapai. Di sisi lain terdapat beberapa hal yang dapat didijadikan ukuran tentang berhasil tidaknya suatu diklat. Berikut adalah beberapa hal yang dapat digunakan untuk mengukur efektifitas dari suatu pendidikan dan pelatihan:
1.      Isi pendidikan dan pelatihan, yaitu apakah isi program pendidikan dan pelatihan relevan dan sejalan dengan kebutuhan, dan apakah diklat itu up to date.
2.      Metode pendidikan dan pelatihan, yaitu apakah metode pendidikan dan pelatihan yang diberikan sesuai untuk subjek itu dan apakah metode tersebut sesuai dengan gaya belajar peserta.
3.      Sikap dan keterampilan instruktur, yaitu apakah instruktur mempunyai sikap dan keterampilan yang dapat mendorong orang untuk belajar.
4.      Lama waktu pendidikan dan pelatihan, yaitu berapa lama waktu pemberian materi pkok yang harus dipelajari dan seberapa cepat tempo penyampaian materi tersebut.
5.      Fasilitas pendidikan dan latihan, yaitu apakah tempat penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan  dapat dikendalikan oleh instruktur, apakah relevan dengan jenis diklat dan apakah makanannya memuaskan (Sofyandi, 2008).

Tujuan dari Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan
            Kurikulum merupakan sebuah rencana yang disusun secara rinci dan sistematik untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Kurikulum merupakan seluruh program pembelajaran yang terencana dari suatu institusi pendidikan. Kurikulum dalam perspektif kebijakan pendidikan nasional sebagaimana dapat dilihat dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa: “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikantertentu”.
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa kurikulum dibuat dengan tujuan untuk dijadikan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam persektif pendidikan dan pelatihan, dapat dikatakan bahwa kurikulum pendidikan dan pelatihan desusun dengan tujuan agar digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pendidikan dan pelatihan untuk mencapai tujuan dari pendidikan dan pelatihan tersebut. Hal ini penting untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan dari pendidikan dan pelatihan yang sedang dilaksanakan tersebut.
Pendekatan dalam Kurikulum
            Dalam kurikulum disampaikan beberapa pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran. Penjelasan tentang pendekatan  ini dalam kurikulum terbagi pada pendekatan/strategi kognitif, pendekatan/strategi afektif, dan pendekatan/strategi psikomotor.
            Strategi/pendekatan kognitif dirumuskan berdasarkan hakekat proses belajar itu sendiri. Di sini dikenal dengan dua pendekatan utam, yaitu deduktif dan induktif.  Pada pendekatan deduktif, peserta diajak berpikir mulai dari masalah yang bersifat umum menuju hal yang bersifat khusus. Misalnya dalam diklat kepemimpinan, peserta diajak berpikir mulai dari materi tentang pengertian kepemimpinan, sudut pandang terhadap kepemimpinan, berbagai tipe pemimpin, dan contoh-contoh prilaku pemimpin tertentu. Sebaliknya, pada pendekatan induktif, peserta diajak untuk berpikir dari hal yang khusus menuju hal yang bersifat umum. Contohnya, pada materi kepemimpinan, peserta mulai dari diajak berpikir tentang pengumpulan data perilaku pemimpin, pengelompokan berdasarkan kriteria kepemimpinan tertentu, deskripsi ciri-ciri tisp kelompok, dan akhirnya generalisasi ke dalam teori kepemimpinan.
Dalam kenyataannya, sulit ditemukan pendekatan murni. Seringkali digabungkan, karena materi yang terkandung juga bervariasi. Hal ini berkatian langsung dengan taksonomi tujuan di depan. Apabila untuk tujuan sintesis digunakan pendekatan deduktif, tentu akan didapatkan kesalahan.. Demikian juga jika untuk tujuan aplikasi dipergunakan pendekatan induktif, akan didapatkan pembuangan waktu yang tak sembarang. Pada umumnya, makin tinggi tingkat kognitif, pendekatannya makin ke arah induktif. Dalam pelaksanaannya bisa saja digunakan ceramah, diskusi, atau tanya jawab. Itu sangat bergantung kepada ketersediaan waktu dan prasarana. Pemilihan metode selalu bersifat kondisional. Untuk tujuan-tujuan kognitif, sudah sangat banyak dikembangkan teknik-teknik pengajaran. Tinggal bagaimana memanfaatkannya pada situasi yang tepat. 
Berikutnya adalah pendekatan afektif. Ranah ini masih jarang dijelajahi. Tetapi terdapat beberapa pendekatan dalam penanaman nilai / afeksi ini yang cukup terkenal. Di sini disajikan tiga pendekatan , yaitu insculcation (directed suggestion), evakuasi (evacuation), dan value clarification technique (VCT). Dengan penjelasan sebagai berikut:
1.      Insculcation, atau directed suggestion adalah pendekatan dimana peserta disugesti atau di dorong terus menerius menuju suatu nilai atau sikap tertentu. Seluruh situasi diatur sehingga arah sikap adalah kepada yang diajarkan. Sebenarnya ini mirip dengan indoktrinasi. Retorika yang diterapkan pada latihan-latihan sering kali menggunakan pendekatan ini, dimana pemandu mengarahkan kepada suatu topik.
2.      Evakuasi (Evacuation). Pada pendekatan ini, peserta dibiarkan saja mengemukakan pendapat tentang suatu hal, sesuai denan pengetahuan dan sikap yang telah dimiliki sebelumnya. Pengungkapan-pengungkapan itu digunakan oleh guru / pemandu untuk menemukan nilai yang terkandung. Pendekatan ini berdasarkan anggapan bahwa apabila dibiarkan bebas, manusia akan menuju kepada sikap atau nilai yang baik. Istilah yang cukup terkenal untuk ini adalah citra diri. Terdapat kemiripan dengan evakuasi, dimana peserta mengungkapkan idealisasinya masing-masing.
3.      Value Clarification Technique (VCT).Teknik ini mengenalkan nilai dengan cara bermacam-macam, baik dibandingkan maupun dipertentangkan dengan nilai-nilai lain, atau dikaitkan dengan kenyataan. Pendekatan ini menekankan kepada :
·         Contoh-contoh konkrit dari nilai (examplorator)
·         Perbandingan nilai dengan yang lain
·         Identifikasi nilai menjadi lebih jelas / rinci melalui proses pengenalan individu
Contoh paling nyata dari pendekatan ini adalah simulasi P4. Pada simulasi, nilai yang terkandung diklarifikasikan sehingga nilai itu menjadi kebiasaan, dan menyatu dalam diri individu. Ketiga pendekatan di atas dapat dilaksanakan dengan berbagai teknik pula, baik diskusi, ceramah, simulasi, role playing dan sebagainya. Semuanya tergantung pada keadaan kelas itu sendiri. 
Pendekatan terakhir adalah pendekatan pada aspek psikomotor.pada aspek psikomotor, selain pembahasannya yang tak sempurna, terlalu sedikit pula kajian yang telah dilakukan terhadap domain ini, termasuk metodologi pengajarannya. Tetapi, sebenarnya untuk melatih fisik kepada suatu keterampilan, kuncinya terletak kepada dua hal : praktek dan pengalaman. 
  1. Praktek, berarti menjalankan gerakan-gerakan pada waktu melatihnya. Keterampilan-keterampilan tingkat tinggi memerlukan praktek untuk menguasainya, misalnya cara tubuh melempar cakram di dalam pelajaran olah raga, atau gerak bibir pada saat berpidato. Untuk penguasaaannya diperlukan praktek.
  2. Pengalaman, artinya beberapa hanya dapat menguasainya dengan pengalaman langsung dalam kenyataan. Misalnya untuk tujuan gerak komunikasi non verbal, maka hanya dengan pengalaman, hal itu dapat dilakukan.
Sebenarnya, seringkali yang dilatihkan bukanlah ranah psikomotor ini. Yang paling banyak adalah ranah kognitif yang memerlukan kemampuan fisik. Sebut misalnya masalah cara berdiskusi. Cara berdiskusi termasuk dalam knowledge, tetapi hanya bisa dijalankan apabila mempunyai mulut yang bisa berbicara. Di sini perlu dibedakan antara psikomotor dengan kognitif yang memerlukan gerakan khusus. Karena itulah pendekatan yang sering muncul adalah berdasarkan kognisi apa yang akan diperkenalkan, dan bukan berdasarkan gerakan apa yang akan dilakukan.
Termasuk dalam kerangka pengertian strategi adalah bagaimana memanfaatkan sepenuhnya sumber-sumber yang terdapat di sekitar pendidikan. Sumber belajar itu bisa berupa media maupun peralatan yang dipergunakan dalam pelaksanaan kurikulum. Lebih detilnya tentang pendekatan, metode, dan media / peralatan, terdapat pada naskah tentang perencanaan instruksional.
Langkah-Langkah Penyusunan Kurikulum Diklat
Untuk merancang suatu kurikulum dan menyajikannya dalam suatu sajian tertentu, maka dianjurkan langkah-langkah berikut : 
1.      Perumusan Tujuan. Di dalam merumuskan tujuan, perlu diperhatikan apa yang ingin didapat oleh peserta seusai proses. Dalam perumusan tujuan, perlu diingat :Tujuan adalah pada diri peserta, tujuan berupa hasil belajar perilaku tertentu (biasanya dinyatakan dengan infinitive / kata kerja tertentu), objek dari tujuan itu (berupa materinya)
2.      Berikut ini contoh perumusan tujuan yang baik :"Peserta memahami konsep situasional leadership dan mampu memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari".Tujuan yang dirumuskan di dalam kurikulum adalah tujuan umum yang tidak bisa langsung dilakukan pengamatan atau pengukuran.
3.      Perumusan Materi . Dalam menyusun materi perlu diperhatikan dua hal : scope dan sequence-nya. Artinya materi dibatasi pada masalah tertentu dan diurutkan sesuai jalan logiknya. Materi ini di samping dituliskan strukturnya, perlu juga diberikan uraian singkatnya.
4.      Perumusan Metode dan Strategi. Metode atau strategi yang dipilih dirincikan. Untuk suatu tujuan atau materi tertentu bisa saja digunakan beberapa metode, demikian juga sebaliknya.
5.      Penentuan alat evaluasi yang diperlukan
6.      Penyajian kurikulum tersebut dalam bentuk tertentu. Sebaiknya menggunakan format kolom yang boleh dikatakan sebagai standar


Fotmatnya adalah sebagai berikut :
No
Tujuan
Materi
Uraian
Waktu
Metode
Evaluasi
Referensi




























Apabila anda telah memasukkan hasil desain anda ke dalam format di depan, maka selesailah sudah langkah pembuatan kurikulum. Tetapi, sesudah itu, untuk apa kurikulum tersebut ? Adalah sebagai pedoman ketika menjalankan proses belajar mengajar. Kurikulum itu masih perlu dirinci ke dalam satuan kegiatan instruksional. Tulisan lengkap tentang hal itu pada naskah lain.

1 komentar:

  1. helo Dian,
    artikelnya keren abis. Eh, punya contoh kurikulum ga? kalo ada yg topiknya mengenai pelatihan perhotelan.
    trims n sukses selalu.
    Regards, Swesen

    BalasHapus

KUMPULAN SOAL: LARUTAN DAN INDIKATOR ASAM BASA

  STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 1.         Pengetahuan dan pemahaman Siswa mampu memahami dan menguasai pengetahuan mengenai larutan elektrolit...