(Berdasarkan Permendikbud No.
37 Tahun 2018)
Tujuan
kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2)
sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau
ekstrakurikuler.
(SIKAP SPIRITUAL)
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
(SIKAP SOSIAL)
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
Kedua
kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
(PENGETAHUAN)
|
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KELAS: X
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1
Menjelaskan metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan di
laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan
|
4.1
Menyajikan hasil rancangan dan hasilpercobaan ilmiah
|
3.2 Menganalisis
perkembangan model atom dari model atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr,
dan Mekanika Gelombang
|
4.2
Menjelaskan fenomena alam atau hasil percobaan menggunakan model atom
|
3.3
Menjelaskan konfigurasi elektron dan pola konfigurasi elektron terluar untuk
setiap golongan dalam tabel periodik
|
4.3
Menentukan letak suatu unsur dalam tabel periodik berdasarkan konfigurasi
elektron
|
3.4
Menganalisis kemiripan sifat unsur dalam golongan dan keperiodikannya
|
4.4
Menyajikan hasil analisis data-data unsur dalam kaitannya dengan kemiripan
dan sifat keperiodikan unsur
|
3.5
Membandingkan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan
ikatan logam serta kaitannya dengan sifat zat
|
4.5
Merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukkan karakteristik senyawa ion
atau senyawa kovalen berdasarkan beberapa sifat fisika
|
3.6
Menerapkan Teori Pasangan Elektron Kulit Valensi (VSEPR) dan Teori Domain
elektron dalam menentukan bentuk molekul
|
4.6
Membuat model bentuk molekul dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di
lingkungan sekitar atau perangkat lunak komputer
|
3.7
Menghubungkan interaksi antar
ion,
atom dan molekul dengan
sifat
fisika zat
|
4.7
Menerapkan prinsip interaksi antar ion, atom dan molekul dalam menjelaskan
sifat-sifat fisik zat di sekitarnya
|
3.8
Menganalisis sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya
|
4.8
Membedakan daya hantar listrik berbagai larutan melalui perancangan dan
pelaksanaan percobaan
|
3.9
Mengidentifikasi reaksi reduksi dan oksidasi menggunakan konsep bilangan
oksidasi unsur
|
4.9
Menganalisis beberapa reaksi berdasarkan perubahan bilangan oksidasi yang
diperoleh dari data hasil percobaan dan/ atau melalui percobaan
|
3.10
Menerapkan hukum-hukum dasar kimia, konsep massa molekul relatif, persamaan
kimia, konsep mol, dan kadar zat untuk menyelesaikan perhitungan kimia
|
4.10
Menganalisis data hasil percobaan menggunakan hukum-hukum dasar kimia
kuantitatif
|
KELAS: XI
3.1
Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan kekhasan atom
karbon dan golongan senyawanya
|
4.1
Membuat model visual berbagai struktur molekul hidrokarbon yang memiliki
rumus molekul yang sama
|
3.2
Menjelaskan proses pembentukan fraksi-fraksi minyak bumi, teknik pemisahan
serta kegunaannya
|
4.2
Menyajikan karya tentang proses pembentukan dan teknik pemisahan
fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya
|
3.3
Mengidentifikasi reaksi pembakaran hidrokarbon yang sempurna dan tidak
sempurna serta sifat zat hasil pembakaran (CO2, CO, partikulat karbon)
|
4.3
Menyusun gagasan cara mengatasi dampak pembakaran senyawa karbon terhadap
lingkungan dan kesehatan
|
3.4 Menjelaskan
konsep perubahan entalpi reaksi pada tekanan tetap dalam persamaan termokimia
|
4.4
Menyimpulkan hasil analisis data percobaan termokima pada tekanan tetap
|
3.5
Menjelaskan jenis entalpi reaksi, hukum Hess dan konsep energi ikatan
|
4.5
Membandingkan perubahan entalpi beberapa reaksi berdasarkan data hasil
percobaan
|
3.6
Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi menggunakan teori
tumbukan
|
4.6
Menyajikan hasil penelusuran informasi cara-cara pengaturan dan penyimpanan
bahan untuk mencegah perubahan fisika dan kimia yang tak terkendali
|
3.7
Menentukan orde reaksi dan tetapan laju reaksi berdasarkan data hasil
percobaan
|
4.7
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan orde reaksi
|
3.8
Menjelaskan reaksi kesetimbangan
di dalam
hubungan antara pereaksi dan hasil reaksi
|
4.8
Menyajikan hasil pengolahan data untuk menentukan nilai tetapan kesetimbangan
suatu reaksi
|
3.9
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan
dan penerapannya dalam industri
|
4.9
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan
|
3.10
Menjelaskan konsep asam dan basa serta kekuatannya dan kesetimbangan
pengionannya dalam larutan
|
4.10
Menganalisis trayek perubahan pH beberapa indikator yang diekstrak dari bahan
alam melalui percobaan
|
3.11
Menganalisis kesetimbangan ion dalam larutan garam dan menghubungkan pH-nya
|
4.11
Melaporkan percobaan tentang sifat asam basa berbagai larutan garam
|
3.12
Menjelaskan prinsip kerja, perhitungan pH, dan peran larutan penyangga dalam
tubuh makhluk hidup
|
4.12
Membuat larutan penyangga dengan pH tertentu
|
3.13
Menganalisis data hasil berbagai jenis titrasi asam-basa
|
4.13
Menyimpulkan hasil analisis data percobaan titrasi asam-basa
|
3.14
Mengelompokkan berbagai tipe sistem koloid, dan menjelaskan kegunaan koloid
dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
4.14
Membuat makanan atau produk lain yang berupa koloid atau melibatkan prinsip
koloid
|
KELAS
XII
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1
Menganalisis fenomena sifat koligatif larutan (penurunan tekanan uap jenuh,
kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis
|
4.1
Menyajikan hasil penelusuran
informasi
tentang kegunaan prinsip sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari
|
3.2
Membedakan sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit
|
4.2
Menganalisis data percobaan untuk menentukan derajat pengionan
|
3.3
Menyetarakan persamaan reaksi redoks
|
4.3
Menentukan urutan kekuatan pengoksidasi atau pereduksi berdasarkan data hasil
percobaan
|
3.4
Menganalisis proses yang terjadi dalam sel Volta dan menjelaskan kegunaannya
|
4.4
Merancang sel Volta dengan mengunakan bahan di sekitar
|
3.5
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi dan cara
mengatasinya
|
4.5
Mengajukan gagasan untuk mencegah dan mengatasi terjadinya korosi
|
3.6
Menerapkan stoikiometri reaksi redoks dan hukum Faraday untuk menghitung
besaran-besaran yang terkait sel elektrolisis
|
4.6
Menyajikan rancangan prosedur penyepuhan benda dari logam dengan ketebalan
lapisan dan luas tertentu
|
3.7
Menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisika dan kimia, manfaat, dan
proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali, dan
alkali tanah)
|
4.7
Menyajikan data hasil penelusuran informasi sifat dan pembuatan unsur-unsur
golongan utama (halogen, alkali, dan alkali tanah)
|
3.8
Menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisika dan kimia, manfaat, dan
proses pembuatan unsur-unsur periode 3 dan golongan transisi (periode 4)
|
4.8
Menyajikan data hasil penelusuran informasi sifat dan pembuatan unsur-unsur
Periode 3 dan unsur golongan transisi (periode 4)
|
3.9
Menganalisis struktur, tatanama, sifat, sintesis, dan kegunaan senyawa karbon
|
4.9
Menyajikan rancangan percobaan sintesis senyawa karbon, identifikasi gugus
fungsi dan/atau penafsiran data spektrum inframerah (IR)
|
3.10
Menganalisis struktur, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya
|
4.10
Menyajikan hasil penelusuran informasi beberapa turunan benzena yang
berbahaya dan tidak berbahaya
|
3.11
Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan makromolekul
|
4.11
Menganalisis hasil penelusuran informasi mengenai pembuatan dan dampak suatu
produk dari makromolekul
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar