Modul 1.2 Tahapan ruang kolaborasi
Pada tahapan ini saya berharap dapat merancang kegiatan yang memanfaatkan kekuatan nilai para pihak secara kolaboratif bersama tim.
Ruang kolaborasi memberikan kesempatan pada calon guru penggerak untuk memaparkan kekuatan atau nilai-nilai yang sudah dimiliki dan peran yang telah dilakukan di sekolah berkaitan dengan peran guru penggerak. Salah satu nilai yang ada dalam diri saya yang dapat membantu untuk melayani murid dengan lebih baik adalah inovatif. Mengapa demikian? karena menurut saya guru harus terus memunculkan gagasan segar dan tepat guna dalam proses pembelajarannya. Misalkan pada hari yang sama, jam ke 1-2 saya mengajar di kelas XI MIPA 1 tentang tatanama senyawa alkana menggunakan metode teman sebaya karena pada umumnya murid kelas XI MIPA 1 merupakan murid yang aktif dan mudah memahami materi tersebut. Sebagian kecil murid yang terlambat dapat dibantu teman lainnya. Namun, pada hari yang sama di jam 8-9, saya megajar di kelas XI MIPA 4. Pada umumnya murid di jam terakhir sudah terlihat lelah maka saya melakukan strategi permainan berkelompok menggunakan bantuan molymod untuk memahami tatanama senyawa alkana.
10 Kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran guru penggerak yang saya pahami:
1. Pemimpin pembelajaran: (Proses pembelajaran di kelas, pembiasaan)
2. Mendorong kolaborasi: (Kegiatan adiwiyata, PHBN/PHBI, pramuka, paskibra, PMR)
3. Penggerak komunitas praktisi: (Kegiatan IHT, SPMI)
4. Mewujudkan kepemimpinan murid (Kegiatan OSIS, KSN, FL2SN, OSN)
5. Menjadi coach bagi rekan guru (Kegiatan supervisi)
Setelah berdiskusi, kami membuat rancangan singkat kegiatan berbasis kekuatan nilai setiap anggota kelompok dan mempersentasikannya pada kelompok yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar