Modul 1.3 Tahapan elaborasi dan koneksi antarmateri
Pada tahapan ini, saya berharap dapat semakin percaya diri dalam mengeksekusi BAGJA di diri, kelas dan sekolah serta dapat memahami pentingnya prakarsa perubahan diri yang lekat dengan visi, profil pelajar pancasila dan aset yang telah dimiliki. Selain itu, saya berharap dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif.
Pada tahapan elaborasi, saya mendapatkan penguatan tentang bagaimana guru penggerak dapat berkontribusi dalam mewujudkan profil pelajar pancasila pada muridnya di sekolah menggunakan paradigma inkuiri apresiatif dan model perubahan BAGJA oleh instruktur.
Pada tahapan koneksi antarmateri saya merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antarmodul yang telah dipelajari mengenai peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan profil pelajar pancasila pada murid-murid dengan paradigma inkuiri apresiatif di sekolah.
Bagaimana keterkaitan antara filosofi Ki Hadjar Dewantara, profil pelajar pancasila, nilai dan peran pendidik dapat diulas kembali dengan membaca eksplorasi konsep nilai dan peran guru penggerak.
Nilai-nilai positif yang ada menjadi aset atau kekuatan dalam melakukan perubahan untuk mencapai visi bersama. Karena pencapaian visi merupakan proses yang sangat panjang maka perlu dirumuskan prakarsa-prakarsa yang dapat dilakukan sebagai tujuan-tujuan antara melalui pendekatan inkuiri apresiatif. Proses inkuiri apresiatif telah digambarkan pada tahapan demontrasi konstektual menerapkan inkuiri apresiatif
Eksekusi rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan BAGJA dilakukan dengan membuat media pembelajaran yang berbasis website untuk menunjang mewujudkan prakarsa perubahan dalam mengembangkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian murid.
Prakarsa perubahan ini diharapkan dapat menjadi salah satu tujuan antara dalam mewujudkan visi yang telah dirumuskan yaitu
"Mewujudkan generasi yang mandiri, tangguh, bertanggungjawab untuk kemajuan Indonesia sesuai dengan kodrat alam dan zamannya"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar